bag-1245954_1920

Perencanaan Keuangan

circle
Helena Siahaan

Hello Sobat ArusDuit,

Bisa berinvestasi di hari tua, namun tetap bisa bersenang senang di usia muda, tentunya merupakan dambaan setiap orang.

Namun, bagaimana sih kita bisa mendapatkan keuangan yang ideal itu ditengah kebutuhaan hidup yang kian tahun kian Mahal?

Bila Kita memiliki Perencanaan Keuangan yang  Baik dan matang diusia muda, tentunya hal itu bukan hal yang mustahil untuk di capai. Karena semua orang tentu memiliki tujuan Financial dimasa mendatang. So, Sejak muda harus di rencanakan dengan baik.

Lalu, Apa sih yang dimaksud dengan Perencanaan Keuangan?

Perencanaan Keuangan itu adalah suatu konsep sederhana yang harus dimiliki setiap orang dalam merencanakan keuangan masa depannya.

Bagaimana cara mengelola Uang bulanan rumah Tangga, mengelola Gaji Bulanan, Mengelola Hasil Usaha, agar diakhir bulan ataupun akhir tahun, akhir laporang keuangan adalah positif, bukan minus.

Untuk pengelolaan keuangan yang baik, tentunya perlu mempelajari bagaiman tekhnik dan seni mengelola keuangan yang baik. Ini dapat dilihat di banyak website, youtube yang memberika literacy mengenai pengelolaan keuangan yang yang baik.

Nah, kira-kira begini manfaat Perencanaan Keuangan yang Baik :

  1. Kamu akan tau kesalahan dalam Alokasi Dana atau Indetifikasi.

===>> maksudnya begini :

Ketika kita menerima Income/Gaji setiap bulannya, kita harus membuat catatan alokasi Dana tersebut, bahkan kita sebaiknya juga membuat daftar pengeluaran rutin setiap harinya, agar kita tau arah uang yang kita keluarkan. Kira- Kira apa yang perlu kita catat?

  • Fix Cost Bulanan, semisal uang kos, kontrakan,Cicilan, Uang Sekolah dan Biaya lainnya yang tidak bisa ditunda.
  • Entertaint Cost, nah ini merupakan cost yang mungkin bisa ditunda dan tidak merupakan cost primer. Contoh, biaya jalan-jalan ke mal, atau yang bersifat hiburan saja.

Dengan memisahkan antara kebutuhan Prioritas dan sekunder setiap bulannya, tentunya kamu sudah mulai bisa melihat yang mana yang penting dan tidak penting.

2. Mempersiapkan Dana darurat.

====>>> Dana Darurat seperti apa yang perlu kamu persiapkan?

Jika Kamu adalah Karyawan/Pencari Nafkah, maka sudah sewajarnya memiliki Dana Darurat, diluar simpanan bulanan yang bisa ditarik dan tabung.

dana-darurat-keluarga-pribadi
Persiapkan Dana Darurat

Dana Darurat adalah DANA yang dapat digunankan untuk JAGA-JAGA ketika ketika kamu tiba-tiba mengalami pemutusan kerja, atau kehilangan pekerjaan, dimana dana tersebut bisa dipakai mencukupi hingga kamu mendapatkan pekerjaan kembali.

Berapa Dana Darurat ( Emergency Fund) yang wajar untuk di persiapkan?

  1. Single Minimal 3 bulan Gaji
  2. Menikah Tanpa anak min 6 Bulan Gaji
  3. Menikah Dengan anak minimal 6-12 bulan gaji.

Nah dengan mempersiapkan DANA DARURAT ini, kamu akan merasa tenang ketika tiba tiba hal yang mendadak terjadi, dan penghasilanmu stop. Dana Darurat tersebut setidaknya cukup hingga kamu memndapatkan pekerjaan baru.

3. Mewujudkan Tujuan Hidup

Nah dengan kita mengetahui cara mengatur keuangan kita, dan merencanakan banyak hal dimasa depan, tentu rencana masa depan kita akan mudah terwujud.

retirement-plan
Salah Satu Tujuan Keuangan

Tentu kamu memiliki Tujuan Keuangan jangka panjang bukan? Contoh Mempersiapkan Dana Pensiun, memiliki rumah Impian, Menyekolahkan anak disekolah favorit, membeli mobil Impian.

Tentunya hal ini baru akan bisa terwujud apabila kamu memiliki perencanaan keuangan yang baik.

Nah, kalau kamu punya permasalahan me manage keuangan kamu dan selalu minus setiap bulan, Yuk ngobrol bareng saya..

Silahkan klik disini agar kamu bisa merencanakan keuangan kamu sejak sekarang..

Saya siap membantu kamu

copyright @2021 Arus Duit