Benarkan Asuransi Pendidikan Ada?

Ketika memiliki buah hati, tentunya kita membayangkan kelak buah hati kita mendapatkan pendidikan yang terbaik dengan menyekolahkan disekolah favorite. Dan tentunya, untuk tujuan tersebut, ada banyak hal yang harus dipersiapkan sebagai orang tua. Salah satunya tentu melalu persiapan DANA PENDIDIKAN yang pasti dan fix.

KAPAN TEPATNYA MEMPERSIAPKAN

DANA PENDIDIKAN ANAK?

Kita tentunya masih ingat, ketika kita sekolah mulai dari TK- Perguruan Tinggi, disetiap tahun ajaran baru, orang tua kita sudah mulai sibuk mempersiapkan beragam info disekolah yang dituju.

Uang Daftar, Uang Kegiatan Tahunan, Uang BUKU, Uang Gedung, SPP Bulanan dan Kutipan-kutipan kecil sepanjang tahun. Para orang tua tentunya sudah mempersiapkan hal ini jauh-jauh hari.

  1. education-kids-learning

    • anak-pendi
      dikan-sekolah-penting

 

Dan tentunya, di awal memasuki dunia pendidikan, yaitu toddler atau Kelompok Bermain, biaya yang dibutuhkan tentunya lebih kecil dibandingkan biaya ketika memasuki dunia Kampus.Jika kita tak mempersiapkan sejak awal, bisa-bisa saat dana dibutuhkan orang tua akan kewalahan dalam mempersiapkan, dan tentunya bisa berdampak kepada pendidikan anak.

Lalu, kapan sebaiknya Dana Pendidikan di Persiapkan? Menurut saya sejak dini. Kenapa?

Contoh

Anak anda saat 2020 adalah 1 tahun, nanti saat anak usia 18th anda berharap anak bisa melanjutkan study di Universitas Indonesia, Jurusan Kedokteran. Maka saat ini anda harus mencari tau, berapa  Biaya yang dibutuhkan untuk masuk ke UI dengan jurusan Kedokteran, dari Pendaftaran sampai Wisuda Sarjana Kedokteran. Jika anda tinggal diluar Jakarta, maka pertimbangkan juga biaya Kos, Makan dll. Lalu perhitungkan dengan Biaya Inflasi Pendidikan setiap tahun, yaitu lebih kurang 11%. Dan perjalanan panjang menuju usia 18 tahun masih ada sekitar 17tahun.

Lebih Tepatnya, Lihat Rumus ini :

  1. Nilai biaya atau uang saat ini (Present Value/PV)
  2. Nilai biaya atau uang masa depan (Future Value/FV)
  3. Inflasi (Interest Rate p.a.)
  4. Periode (jumlah bulan periode menabung)
  5. Kontribusi tiap bulan (Periodic Payment/PMT)

 

    manfaat-persiapkan-dana-pendidikanDana Pendididkan Anak

 

Dari penjelasan diatas jelas terlihat, bahwa semakin dini anda menabung, semakin besar kemungkinan anda sampai kepada tujuan Keuangan anda, dan anda lebih santai menabung, karena panjangnya waktu mengumpulkan uang tsb memberikan kelonggaran akan besarnya jumlah kontribusi anda.

Saya pernah di hubungi oleh calon Client, Calon client tersebut berencana ikut Asuransi Pendidikan, agar kelak, saat memasuki Universitas, ada Dana Yang akan cair.

 

DANA PENDIDIKAN VS ASURANSI PENDIDIKAN?

Apakah Dana Pendidikan dan Asuransi Pendidikan adalah Hal yang Sama?

Saya akhir-akhir ini banyak melihat di medsos perihal kekecewaan para nasabah sebuah perusahaan Asuransi ternama yang menjual product melalu Bank, yang disebut juga Bancassurance. Rata-rata bank partner tsb menawarkan Investasi dan Asuransi Pendidikan.  Saya juga merupakan salah satu nasabah yang pada saat membeli product tsb adalah nasabah awam. Yang datang ke Bank dengan tujuan Menabung. Tujuan utama saya saat itu adalah mempersiapkan dana pendidikan bagi kedua anak saya.

Saat itu kemampuan saya adalah Rp 300.000 per bulan/ anak, saya masuk untuk 2 anak. Saya hanya mampu membayar selama 3tahun, karena ada kendala ekonomi.

Dalam pikiran saya waktu itu adalah, saya ada Dana di sebuah Bank sebesar Rp 300.000 x36 bulan…namun ketika saya ke bank tsb, alangkah kecewanya saya, bahwa saya hanya menerima Rp 3.600.000 selama 36bulan.

Ternyata saat saya membeli product tsb, saya tidak memahami bahwa ketika saya membeli product Asuransi( Unitlink) tsb, dalam programnya menyertakan Proteksi. Dimana sebenarnya program tsb tidak merupakan kebutuhan saya pada masa itu dan saya kurang aktif dalam bertanya perihal product atau minimnya pemahaman saya akan ASURANSI.

Karena, ternyata dalam mempersiapkan Dana Pendidikan anak saya, saya harus juga punya Proteksi, mana kala dimasa waktu menabung tsb terjadi resiko meninggal pada diri saya sebagai orang tua, maka anak saya tersebut, akan menerima DANA pasti untuk mereka dapat melanjutkan sekolah.

Dengan pengalaman tersebut, selalu saya tekankan kepada client-client saya, bahwa sebenarnya dalam mempersiapkan dana Pendidikan tersebut, kita sebagai orang tua perlu ASURANSI yang menjamin Biaya Pendidikan anak-anak tersebut tetap tersedia mana kala orang tua tiba-tiba berpulang ke Pencipta.

Yang saya banyak temui saat ini adalah para orang tua yang rajin menabung untuk mempersiapkan Dana Pendidikan anak-anaknya secara conventional tanpa memiliki proteksi Asuransi.

Menurut Lembaga Keuangan Jiwasraya, bahwa tahun 2017 kenaikan rata-rata Asumsi Inflasi pendidikan adalah di 15%, lalu berapa kenaikan biaya Pendidikan di tahun 2023 dan 2028? Baca disini

Dapatkah kita bayangkan, andaikan kita berencana menabung Rp 500.000 /bulan, komitment untuk menabung selama 15tahun untuk mempersiapkan Dana Pendidikan anak kita kelak, namun malang tak dapat ditolak,untung tak dapat diraih, tiba-tiba anda terkena satu penyakit yang menyebabkan anda stop menabung, jangankan untuk menabung, untuk biaya pengobatan saja kurang, apakah tujuan keuangan anda untuk sibuah hati akan tercapai? Tentu saja menjadi KENDALA. Untuk itu, jika anda berencana menabung secara konventional, alangkah bijaksananya jika anda juga memiliki proteksi memadai selama menabung agar tujuan Keuangan akan si buah hati tertap tercapai.

Untuk berbagai Info-info sekuangan dan Manfaat Asuransi silahkan ikutin Youtube Channel saya. Klik disini

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *